Sunday, 19 April 2015

Jadilah Predator Buku


“kepada pembaca
pulang segera:

ke rumah fikirmu
fikir segera
ke rumah pulangmu.”  Awang Abdullah, Sajak-sajak Telegram.


Aroma supermarket, hypermarket, atau pasar swalayan selalu membawa kita pada nafsu ingin belanja. Namun ada sebuah kejanggalan yang disengaja sore itu. Di antara jejeran minyak makan, mie instan, dan berbagai macam kebutuhan pokok, di barisan troli-troli besi, juga sapaan lembut para pegawai Carrefour Citra Garden, Padang Bulan. Satu lokasi diperuntukan bukan hanya agar nafsu belanja semakin meningkat tetapi juga untuk keinginan membaca. 
17 April 2015, sekitar pukul 15.30 WIB, FLP Sumut berpartisipasi dalam event yang dilaksanakan oleh Carrefour Citra Garden, Padang Bulan. Selain talkshow, diadakan juga beberapa games.
Putri Rizki Ardhina, salah seorang anggota FLP Sumut mendapat kesempatan sebagai pembicara di acara tersebut. Selain bercerita seputar FLP Sumut, beliau juga menyampaikan kesannya sebagai seorang kutu buku yang begitu bahagia pada dinamika atau dinamisnya minat baca di kalangan masyarakat khususnya kaum muda. Hal itu ditandai dengan menjamurnya berbagai penerbit indie, juga variasi genre buku dan toko-toko buku yang lebih mudah dijumpai, serta semakin tingginya minat menulis.
Lebih lanjut beliau menjelaskan mengenai minat baca masyarakat Indonesia yang diakui memang masih kalah tertinggal dengan negara-negara lain.
Beliau juga mengatakan bahwa membaca bukanlah kegiatan yang membosankan, justru membaca adalah kegiatan yang tidak sekedar membuka jendela namun juga pintu dunia. Ketika jendela dan pintu itu terbuka, maka akan banyak sisi yang dapat dilihat, tidak hanya sisi dalam namun juga sisi luar. Sehingga cara berpikir pun menjadi semakin luas.
Putri juga mengatakan, bahwa minat membaca harus pula dibarengi dengan minat mengkonsumsi buku.
“Jadilah Predator Buku yang ganas.” ucapnya.
 Lebih kompleks beliau memaparkan beberapa point agar kita menjadi seorang Predator Buku.

1. Bangunlah Motivasi Minat Membaca.
Meningkatkan minat membaca harus dibangun oleh motivasi diri dalam membaca. Sebab penting diingat, membaca adalah suatu keharusan jika kita ingin menguasai dunia.

2. Mulai dengan yang Disukai.
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang Predator Buku pemula adalah image buku. Kesalahan dalam memilih buku apa yang harus dibaca juga penting diperhatikan, sebab satu hal yang pasti: sesuaikan dengan minat, agar niat membaca tidak sekedar berasal dari pikiran namun juga dari hati.

3. Mencari Waktu dan Lokasi yang Pas untuk Membaca
Salah satu yang penting juga adalah momentum. Sebab, apalah artinya kita memiliki minat baca yang tinggi namun kita tidak berhasil memindahkan segala informasi dari buku ke memori otak hanya karena tidak berada pada waktu dan lokasi yang tepat.

  4. Menumbuhkan Rasa Keingintahuan
Sebenarnya ini mudah, sebab sifat dasar manusia yang memang selalu ingin tahu. Namun ini juga harus disikapi dengan cerdas. Carilah fenomena-fenomena di sekitar kita, buatlah daftar pertanyaan dan temukan jawabannya di dalam buku.

5. Cari Teman yang Suka Merekomendasikan Buku.
Ini juga adalah cara efektif agar minat membaca sebagai Predator Buku lebih terpacu. Datangi teman Anda, lalu tanyakan “ Eh, punya buku bagus nggak? Minjem dong.” :D

Di akhir diskusi, para tamu dari berbagai komunitas dan club membaca dihibur oleh games "Membaca Cepat Terbalik" serta disediakan dan hadiah-hadiah menarik yang disponsori oleh Carrefour Citra Garden, Padang Bulan.

Untuk komunitas yang ingin mengadakan event dan membutuhkan support tempat seperti acara ini, bisa menghubungi pihak Carrefour Citra Garden, Padang Bulan, Herry ( 081375743411 ) atau PinBB : 753D7EE8 

(Muhammad Ikhsan)

2 comments:

Marchella Winata said...

AGEN JUDI ONLINE
AGEN JUDI
AGEN BOLA
PROMO BONUS 988BET
PREDIKSI BOLA
MASTER AGEN JUDI
AGEN MAXBET
AGEN MAXBET TERPERCAYA
AGEN TERPERCAYA

trimanto-ngaderi said...

Wah, gebarakan yang luar biasa yang dilakukan oleh FLP Sumut. Salut deh.
Salam dari FLP Solo www.trimanto-ngaderi.blogspot.com, www.kompasiana.com/m.trimanto

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India